Topologi Jaringan Komputer | Perangkat Keras Komputer | Perangkat Lunak | Daftar Wifi id Gratis | Cara Mempercepat Koneksi Internet | Modul TKJ Lengkap | Service Komputer | Sejarah Komputer | Sejarah Internet | Sistem Operasi | Jaringan Komputer | Password Wifi id Gratis

ads
Sabtu, 17 Desember 2016

Peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Modern serta Tradisional

Peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Modern serta Tradisional - Teknologi informasi dan komunikasi sudah ada semenjak zaman pra sejarah. Namun komunikasi pada zaman tersebut hanya sebatas pada suara dengusan dan isyarat tangan saja. Kemudian pada zaman berikutnya diciptakanlah alat-alat yang menghasilkan bunyi dan isyarat. dan Selanjutnya mulai menciptakan alat-alat teknologi mekanik untuk memproses perhitungan, dan tidak sampai disitu perjuangan dari penelitan terus dilakukan untuk menemukan bergagai alat-alat yang mampu memudahkan pekerjaan dari manusia.

Peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Modern serta Tradisional

Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi yang sangat pesat sampai dengan saat ini berkembsng seiring dengan banyak penemuan dan pengembangan dalam Ilmu Pengetahuan di bidang Informasi dan Komunikasi sehingga banyak sekali alat-alat yang diciptakan dalam mendukung perkembangan Teknologi Informasi tersebut. Seperti sistem komunikasi sampai dengan alat-alat komunikasi searah maupun dua arah (interaktif).  Baca selengkapnya Pengertian Komunikasi Data dan Contohnya

Penggunaan media komunikasi berdasrkan rentang waktu penggunaannya dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu peralatan medi komunikasi Kuno (Tradisional) dan juga peralatan komunikasi Modern. Berikut ini adalah beberapa contoh peralatan media komunikasi dan informasi modern dan tradisional.

Peralatan Komunikasi Tradisional

Penggunaan alat-alat komunikasi kuno pada jaman dulu digunakan dengan cara yang sangat sederhana jika dibandingkan dengan alat komunikasi modern pada masa sekarang ini. Peralatannya juga masih terbuat dari bahan bahan alam, seperti daun lontar, batu (prasasti) dan asap. Pada zaman tersebut teknologi informasi belum menjadi peralatan teknologi yang digunakan secara massal, tidak seperti yang kita kenal sekarang ini dan hanya digunakan pada saat-saat tertentu saja. Berikut ini adalah beberapa contoh dari alat-alat komunikasi tradidional. Baca Juga Pengertian Sistem Komputer dan Cara Kerjanya

Kentongan

Kentongan merupakan salah satu media komunikasi tradisional yang sudah sangat dikenal masyarakat Indonesia sejak dahulu kala yaitu pada jaman kerajaan, pada masa itu kegunaan kentongan yaitu sebagai alat unuk memberitahukan dan mengumpulkan warga ketika hendak ada pengumuman atau pesan dari raja kepada rakyatnya. Biasanya Orang-orang yang mendengarkan suara kentongan yang dipukul dan semua warga dengan segera akan bergegas datang berkumpul untuk mendengarkan berita atau pengumuman dari raja. Dalam penggunaannya.

Lonceng

Lonceng adalah suatu peralatan sejenis logam yang digunakan sebagai semacam bel yang dibunyikan untuk menentukan waktu atau memberitahukan sesuatu. Dahulu lonceng digunakan untuk mengabarkan suatu berita kepada masyarakat dan sebagai penanda waktu dan ketika ada bahaya muncul.

Bedug

Bedug adalah alat musik tabuh seperti gendang. Bedug merupakan instrumen musik tradisional yang telah digunakan sejak ribuan tahun lalu, yang memiliki fungsi sebagai alat komunikasi tradisional, baik itu dalam kegiatan ritual keagamaan maupun politik. Di Indonesia, sebuah bedug dibunyikan sebagai pemberitahuan mengenai waktu salat atau sembahyang. Bedug menimbulkan suara yang berat, bernada cukup khas, rendah, tetapi dapat terdengar sampai jarak yang cukup jauh.

Asap

Orang - orang zaman dahulu juga memanfaatkan asap sebagai media komunikasi. Asap dikenal populer digunakan sebagai media komunikasi suku bangsa Indian di Amerika. Alat komunikasi ini biasa digunakan untuk mengirimkan suatu pesan rahasia atau peringatan pada sesama sukunya ataupun suku lawan.

Prasasti dan Daun Lontar

Di era ini penggunaan surat sebagai alat komunikasi sudah digunakan, biasanya proses komunikasi dan penyampaian informasi pada masa itu menggunakan kulit kayu serta kulit bambu sebagai sarana untuk menulis.

Peralatan Komunikasi Modern

Teknologi Komunikasi pada era modern saat ini tentu telah mengalami banyak sekali perkembangan yang sangat signifikan. Komunikasi modern diawali dengan banyak penemuan-penemuan seperti bahan kertas, mesin cetak hingga elektronik menggantikan media komunikasi yang tradisional. Penemuan dari perangkat telegram menjadi sebuah titik awal kema tik dan interaksi tanpa tatap muka dari manusi. 

Semakin lama muncullah teknologi komunikasi yang modern seperti televisi, radio dan komputer. Televisi dan radio pada mulanya tidak dapat melakukan komunikasi dan interaksi antara pemberi dan penerima pesan. Komputer pada awal mulanya pun hanya dipergunakan untuk mempermudah pekerjaan dari manusia, bukan untuk melakukan sebuah interaksi. Teknologi pun semakin berkembang, Komputer sekarang sudah memiliki fungsi untuk melakukan interaksi. Kemunculan internet adalah titik awal kemajuan komputer yang mampu melakukan komunikasi dan juga menjadi sarana interaksi bagi manusia.  Baca selengkapnya Sejarah Perkembangan Teknologi Dari Masa Ke Masa

Messenger seperti Yahoo Messenger, MSN, Skype dan lain-lain mulai bermunculan. Tak hanya dari perkembangan komputer, televisi dan radio mulai memiliki teknologi tersendiri sebagai alat interaksi manusia. Berikut ini disajikan beberapa macam peralatan teknologi komunikasi modern yang sampai saat ini masih mendominasi ruang-ruang kerja kita.

Telegraf

Telegraf merupakan sebuah alat komunikasi yang sangat populer di masanya, yaitu sekitar abad 18. Telegrap merupakan alat komunikasi yang digunakan untuk mengirim dan menerima pesan dengan tidk mengenal jarak namun ada batasan jarak yang harus diperhatikan. Ketika itu seorang warga Amerika Serikat bemama Samuel F.B. Morse bersama dengan asistennya Alexander Bain menemukan dan menciptakan telegraf.

Telephone

Setelah kemunculan terlegraf yang hanya dapat digunakan sebagai pengirim pesan berupa teks, kemudian munculah Telephone. Telepon adalah peralatan yang mengubah suara menjadi energi listrik dan mengirimkannya melalui kabel jaringan telepon.

Faksimile

Salah satu alat telekomunikasi lainya adalah Faksimile atau fax adalah alat yang digunakan untuk mengirimkan dokumen melalui jaringan telepon dengan hasil cetakan yang sama persis dengan aslinya. Fax memanfaatkan sambungan PSTN (Public Switched Telephone Network) dan nomor telepon. Prinsip dasar dari fax yaitu gabungan perangkat dari scanner gambar, telepon, Printer dengan grup Jaringan, dan juga mesin Photo copy.

Radio

Radio adalah, alat yang dapat menerima informasi berupa suara atau sinyal dengan menggunakan gelombang elektromagnetik.Gelombang elektromagnetik membawa transmisi penyiaran (frekuensi radio) dari stasiun ke alat penerima. Rangkaian gelombang audio dikirim melalui sebuah sambungan yang menghubungkan ruang kontrol dengan alat transmisi.

Biasanya, dalam radio terdapat sebuah antena untuk menangkap frekuensi radio, atau untuk menerima siaran transmisi guna mengubah gelombang pembawa menjadi gelombang suara, dan juga untuk menyebarluaskan pada frekuensi yang telah ditentukan.

Televisi

Televisi adalah adalah sistem komunikasi penyiaran dan penerima gambar hidup dan suara dari jauh. Istilah tersebut sudah menyangkut semua aspek program acara televisi dan pemancarannya.

Handphone

Handphone adalah perangkat telekomunikasi elektronik yang mempunyai kemampuan dasar yang sama dengan telepon fixed line konvensional (telepon rumah), namun dapat dibawa ke mana-mana (portabel, mobile) dan tidak perlu disambungkan dengan jaringan telepon menggunakan kabel (nirkabel; wireless).

Komputer dan Internet

Baca selengkapnya  Materi Pengertian Komunikasi Data Beserta Contohnya
Komputer dan Intemet adalah perangkat teknologi informasi dan komunikasi yang paling banyak berperan pada saat ini. Komputer digunakan untuk mengolah, mengelola, dan menyimpan data / informasi, sedangkan Intemet digunakan sebagai sarana sumber informasi dan alat untuk menukarkan dan saling berkirim informasi.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Modern serta Tradisional

0 komentar:

Posting Komentar